Home » , , » KONSUMSI MAKANAN MANIS TINGKATKAN RESIKO KANKER USUS

KONSUMSI MAKANAN MANIS TINGKATKAN RESIKO KANKER USUS

Penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi suka makan manis bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah kanker yang muncul pada bagian usus besar atau anus.
Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kanker kolorektal berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi seseorang. Orang yang lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, atau makanan sehat lainnya memiliki risiko terkena kanker lebih rendah, berdasarkan Johns Hopkins Medicine.
Sementara orang yang mengonsumsi makanan kaya lemak, daging, dan gula diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker usus. Hasil ini diketahui peneliti setelah mengamati diet 2.063 pasien kanker kolorektal dan 2.776 orang sehat. Mereka juga menganalisis 170
makanan termasuk buah, sayur, ikan, daging, cokelat, kacang, keripik, dan minuman rasa buah.
Dalam penelitian, mereka juga memperhitungkan faktor keturunan seperti sejarah keluarga yang pernah terkena kanker, kebiasaan merokok, serta tingkat aktivitas partisipan sehari-hari.
Peneliti menemukan bahwa memiliki beberapa faktor risiko bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker kolorektal. Namun tak hanya itu, mengonsumsi makanan manis seperti minuman bersoda, kue, keripik, dan lainnya juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus dan anus.
"Meski hubungan makanan manis dan kanker tak menunjukkan hubungan sebab akibat, namun penting untuk memberikan informasi terkait hal ini, terutama bagi orang yang suka mengonsumsi jenis makanan tersebut," ungkap penulis penelitian Dr Evropi Theodoratou dari University of Edinburgh, seperti dilansir oleh BBC (16/07).
Satu hal yang bisa menurunkan risiko Anda terkena kanker kolorektal adalah mengonsumsi aspirin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi aspirin setiap dua hari sekali bisa menurunkan risiko terkena kanker usus sebanyak 20 persen.

0 komentar:

Posting Komentar