Home » , , » CEGAH GIGI BERLUBANG DENGAN MINUM SUSU SETIAP PAGI

CEGAH GIGI BERLUBANG DENGAN MINUM SUSU SETIAP PAGI

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kosumsi susu sapi bisa mencegah gigi berlubang setelah kita makan makanan bergula tinggi, contohnya adalah sereal sarapan pagi.
Pada sebuah penelitian kecil di Chicago, sebanyak 20 responden dilibatkan. Mereka lantas diminta menikmati semangkuk sereal manis kemudian minum susu, air, atau jus apel.
Selama sebelum dan sesudah percobaan, peneliti juga mengukur kadar keasaman pada gigi
. Kadar keasaman sendiri sering dijadikan indikasi penyebab gigi berlubang. Kadar asam tinggi biasanya diproduksi oleh bakteri yang aktif pada gigi setelah kita makan makanan manis.
Hasilnya, di antara ketiga jenis minuman yang diujikan, susu adalah pilihan terbaik untuk menangkal keasaman yang disebabkan oleh bakteri.
"Susu dan makanan manis adalah kombinasi terbaik untuk mencegah gigi berlubang," papar peneliti, seperti yang dikutip dari Medical Daily.
Sementara itu, buah segar dan jus buah lain sebaiknya tidak dikonsumsi setelah menikmati sereal sarapan pagi. Sebab kombinasi makanan tersebut justru memicu tingkat keasaman tinggi dan membuat gigi berlubang.
"Saran kami adalah sebaiknya susu dikonsumsi setiap pagi jika Anda sarapan sereal manis. Anjuran tersebut khususnya berlaku bagi anak-anak agar gigi mereka tetap terjaga kesehatannya," terang peneliti lagi.
Selain mencegah gigi berlubang, susu juga sering disebutkan sebagai minuman yang menguatkan gigi karena di dalamnya mengandung kalsium tinggi.
Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam jurnal American Dental Association.

0 komentar:

Posting Komentar