Home » , » JENIS JENIS SAKIT PERUT DAN CARA MENGATASINYA

JENIS JENIS SAKIT PERUT DAN CARA MENGATASINYA



Ketika perut terasa sakit, kenali dulu apa penyebabnya sehingga Anda bisa melakukan penanganan yang tepat. Sebab ada beberapa jenis sakit perut dan cara mengatasinya pun berbeda. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Good Housekeeping berikut ini.
KembungKetika kembung, artinya perut terisi penuh dengan udara. Untuk mengurangi masalah tersebut, jangan cuma diam. Anda harus berjalan-jalan untuk mengurangi nyeri akibat kembung. Sementara cara mencegah kembung adalah dengan makan dan mengunyah pelan-pelan.

HeartburnHeartburn terjadi ketika bagian perut (dan biasanya sampai dada) terasa seperti terbakar. Hal ini terjadi karena asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Segera atasi dengan obat heartburn agar kondisi tidak bertambah parah. Selain itu, jangan langsung berbaring setelah makan, tunggu setidaknya tiga jam setelah makanan masuk ke usus.
SembelitSusah buang air besar memang menyakitkan. Ketika sembelit menyerang, Anda bisa mengonsumsi obat perangsang agar bisa segera buang air besar. Penyebab masalah ini adalah kurang serat dan kurang minum. Jadi untuk mencegahnya, jangan malas makan serat dan memperbanyak minum air.
DiareDiare adalah kondisi sakit perut yang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya tubuh bisa dehidrasi akibat bolak-balik pergi ke kamar mandi. Atasi dengan obat diare. Karena kebanyakan diare disebabkan oleh kuman, jangan malas menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan.
Sering kentutSalah satu kenapa perut terasa sakit dan sering kentut adalah akibat intoleransi laktosa atau alergi produk susu. Cara mengatasinya adalah dengan minum kopi. Jika sudah tahu memiliki alergi terhadap susu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman tersebut.
Nyeri haidBagi para wanita, beberapa di antara mereka merasa nyeri di bagian perut ketika sedang haid. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengompres perut dengan air hangat, memperbanyak konsumsi susu, dan makanan yang mengandung magnesium serta zat besi untuk mengganti nutrisi yang hilang dari darah.
Itulah beberapa jenis sakit perut dan cara mengatasinya. Jika sakit berlanjut, sebaiknya lekas hubungi dokter.

0 komentar:

Posting Komentar