Home » , » TIPS HENTIKAN KEBIASAAN MEROKOK SETELAH MAKAN

TIPS HENTIKAN KEBIASAAN MEROKOK SETELAH MAKAN

Beberapa orang memiliki kebiasaan merokok setelah makan. Hal ini salah satu kebiasaan yang memicu kecanduan merokok. Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan orang setelah makan juga seringkali memicu keinginan untuk merokok, seperti: minum kopi, melihat televisi atau bersantai, atau melihat orang lain menyalakan rokok.
Menghentikannya tentu tak mudah, namun ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah makan, agar Anda tak serta-merta merokok, seperti dilansir oleh Voice!
1. Berbicara dengan orang lain
Jika Anda makan dengan keluarga atau teman, setelah makan cobalah untuk membuka perbincangan. Ini bisa mencegah Anda untuk memikirkan rokok atau bahkan merokok, karena terlalu sibuk dengan obrolan bersama teman atau keluarga.
2. Berdiri dan mencuci piring
Jangan duduk-duduk dan bersantai setelah makan, langsung berdiri dan lakukan kegiatan lain seperti mencuci piring. Biasanya duduk dan bersantai akan membuat keinginan untuk merokok muncul. Melakukan hal-hal yang bersifat fisik akan mengurangi keinginan Anda merokok.
3. Cuci tangan atau menggosok gigi
Selain alasan kebersihan, mencuci tangan sampai bersih dan menggosok gigi bisa mencegah Anda merokok setelah makan. Selain itu, setelah menggosok gigi tentunya Anda akan enggan untuk merokok, karena merasa mulut sudah bersih.
4. Lakukan kegiatan lain
Pastikan Anda memiliki kegiatan lain yang mengasyikan setelah makan. Dengan begitu, setelah makan Anda tak akan berpikir untuk merokok melainkan langsung melakukan aktivitas tersebut. Aktivitas itu bisa berupa hobi atau lainnya, yang jelas harus menyita perhatian Anda dari rokok.
Cara-cara di atas bisa dilakukan untuk mencegah kebiasaan merokok setelah makan. Awalnya mungkin sulit, namun lama-kelamaan kebiasaan merokok Anda akan berhenti, berbarengan kecanduan Anda terhadap rokok. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar