Home » , , » CEGAH PENYAKIT KANKER DAN JANTUNG DENGAN MAKAN BROKOLI

CEGAH PENYAKIT KANKER DAN JANTUNG DENGAN MAKAN BROKOLI

Tidak salah jika brokoli disebut sebagai sayuran yang paling menyehatkan. Pasalnya ada senyawa khusus yang hanya bisa ditemukan dalam brokoli dan ampuh mencegah penyakit jantung serta kanker.
Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari Institute of Food Research di Norwegia. Menurut mereka, senyawa khusus dalam brokoli punya peran sebagai pemberi energi pada sel-sel tubuh manusia. Senyawa itu pun tidak bisa ditemukan dalam jenis sayur atau buah lain.
Sebanyak 57 responden tepatnya terlibat dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan diperintahkan untuk mengonsumsi brokoli, brokoli super dengan senyawa glucoraphanin, dan kacang polong.

Hasilnya, kelompok responden yang makan brokoli super mengalami reaksi sel yang lebih maksimal. Senyawa dalam brokoli masuk ke dalam mitokondria yang merupakan 'baterai' dalam sel. Sehingga sel-sel tubuh mampu bekerja secara lebih maksimal.
Kabar baiknya, peneliti menegaskan kalau makan brokoli jenis biasa juga tetap memberikan khasiat kesehatan yang sama. Hanya saja brokoli harus dimakan tiga porsi dalam seminggu.
"Mitokondria adalah bagian sel yang sangat penting. Jika ada yang salah di dalamnya, tubuh berisiko tinggi terkena penyakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan serius lainnya," papar peneliti Richard Mithen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Oleh sebab itu, konsumsi brokoli yang mampu memberikan energi pada mitokondria sangat dianjurkan. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara keseluruhan akan tetap terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar